Jenis Kain Keras

Jenis Kain Keras

Macam Kain

Di dunia ini, terdapat berbagai macam kain yang biasa di gunakan untuk membuat busana, peralatan rumah tangga, dan lainnya. Namun pada dasarnya, kain di bedakan menjadi dua macam yaitu kain lembut dan jenis kain keras. Untuk kain lembut sendiri yaitu kain yang kita kenakan sehari – hari.

Jenis kain yang keras ini sendiri memang memiliki sifat yang keras dan sering di gunakan untuk melapisi suatu barang atau untuk membuat jas. Nah di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa jenis jenis kain keras yang biasa di pakai oleh masyarakat, misalnya jenis kain keras untuk jas atau jenis kain keras untuk bordir usaha.

Kain Keras T103

Jenis kain keras yang pertama ini adalah salah satu kain keras yang merupakan kain keras untuk tas. Kain T103 ini memiliki tekstur yang mirip kertas dan memiliki serabut – serabut halus di permukaan kain seperti layaknya serat pulp. Di sini kain keras T103 tidak gampang sobek alias sangat kuat jika di gunakan sebagai salah satu bahan pembuat tas.

Kain Keras Staplek

Untuk kain keras yang ini merupakan jenis kain keras untuk baju. Mengapa ? Kain staplek ini merupakan salah satu kain yang di gunakan para penjahit untuk memberikan efek berdiri pada kerah pakaian, terutama jas, sehingga tidak akan mudah loyo jika di gunakan.

Selain itu, kain keras staplek ini juga sering digunakan sebagai kain keras untuk tas. Hanya saja jika di gunakan sebagai bahan pelapis tas, kain staplek ini di beri tambahan lem di beberapa bagaiannya agar semakin kuat.

Kain Pelon

Jenis kain keras yang satu ini biasanya juga di gunakan untuk membuat pelapis tas agar lebih kuat. Biasanya, kain pelon ini mudah di satukan dengan bahan yang lain jika di setrika karena akan lebih cepat lengket di kain yang lainnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kain pelon cukup murah di bandingkan kain keras yang lainnya.

Kain Keras Embroidery

Kain embriodery ini sendiri merupakan salah satu kain keras bordir. Kain ini memiliki kekuatan yang cukup menarik jika di gunakan sebagai bagan bordir. Teksturnya yang putih polos dengan sedikit serabut – serabut di bagian permukaannya akan membuat bordiran lebih kuat dan tidak mudah rusak.

Kain Vislin

Jenis kain yang satu ini merupakan kain keras lem yang banyak di gunakan untuk membuat berbagai macam busana sehari – hari. Pada umumnya, kain keras vislin atau visilin akan di gunakan untuk melapisi bagian tertentu dari sebuah baju, mulai dari kancing baju, bagian lengan baju, hingga memperkuat lubang kancing yang di buat.

Baca Juga : Pusat Konveksi di Jogja Kaos Murah, Seragam Bordir dan Pabrik Jaket | Terima order buat baju dan pakaian

Kain vislin ini merupakan salah satu jenis kain keras yang mengandung unsur lem lebih banyak di bandingkan yang lainnya, di mana kandungan lem lebih rapat. Hal ini memungkinkan tingkat “tempelan” yang di miliki lebih besar dan kuat, sehingga kain yang di tempeli kain ini tidak mudah mengkerut.

Kain Keras m33

Jenis kain keras ini masih termasuk ke dalam keluarga kain keras staplek. Hanya saja, tingkat kekakuan dan ketebalan dari kain keras m33 ini lebih tinggi daripada kain staplek dengan tipe di bawahnya, misalnya kain staplek m32.

Selain itu, dengan menggunakan kain keras ini, Anda bisa membuat berbagai macam produk, mulai dari membuat tote bags, tempat pensil, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan