Jenis Kain Tradisional

Jenis Kain Tradisional

Ada banyak sekali jenis kain tradisional salah satu jenis kain tradisional asli dari Indonesia yang sudah mendunia adalah batik. Namun tahukah anda? Bahwa masih banyak sekali jenis kain tradisional yang belum di ketahui oleh kebanyakan orang. Kain kain ini memberikan corak corak yang menawan dan keunikan nya masing masing berikut.

8 Jenis Kain Tradisional dan Asal nya:

Sasirangan

sasirangan

 

Jenis kain yang pertama adalah sasirangan. Sasirangan adalah jenis kain yang berasal dari suku banjar di Kalimantan selatan. Kain ini dibuat dengan cara diikat lalu dicelupkan dalam berbagai warna sehingga menghasilkan motif beragam. Kain sasirangan ini memberikan desain yang lebih formal dan elegan. Jadi jika anda penggemar kain tradisional kain ini bisa di jadikan list untuk koleksi anda.

Baca Juga : Konveksi Jogja Murah Terbaik

Prada

Kain Prada Bali

 

Kain prada adalah jenis kain tradisional bali. Kain ini biasa nya digunakan untuk menandakan status social kalangan bangsawan motif prada merupakan lukisan emas yang di terapkan pada sehelai kain. Motif kain keemasan prada biasa nya digunakan untuk busana pemotongan gigi ataupun pernikahan yang menggunakan payas ageng sebagai simbolisasi status sosial si pengguna.

Ulos

Ulos Batak

 

Kain ulos adalah jenis kain tradisional yang di kembangkan oleh masyrakat Batak, Sumatera utara. Biasa nya digunakan dalam bentuk selendang  untuk melengkapi pakaian tradisional. Warna yang dominan dari jenis kain ini adalah merha, hitam, dan putih ketiga warna ini memiliki arti, simple dan tegas. Ulos juga terkadang di berikan kepada ibu yang sedang mengandung agar dipermudah pada saat melahirkan.

Lurik

lurik

 

Jenis kain yang satu ini banyak ditemukan di daerah Solo dan Yogyakarta bagi anda yang sudah pernah  pergi ke kota Solo atau Yogyakarta mungkin sudah tidak asing denga kain ini. Dulu dikenal sebagai kain yang murah karena dibuat dengan katun biasa. Kini banyak dijadikan sebagai elemen tambahan pada kemeja, kebaya ataupun dress. Motif garis klasik dalam nuansa warna solid membuat nya jadi menarik.

Batik papua

batik papua

 

Ketika berbicara batik pasti selalu identic dengan jawa. Padahal batik sendiri tidak hanya dari jawa. Papua pun juga punya batik nya sendiri. Jenis kain tradisional papua yang satu ini dikenal dengan motif motif nya yang unik. Motif dan ragam corak yang dilukiskan pada kain tersebut menggunakan motif-motif khas Papua yang mengambil unsur-unsur budaya dan alam.

Tapis

tapis

 

Jenis kain tradisional melayu yang satu ini berasal dari masyarakat lampung. sebagai usaha untuk menyelaraskan kehidupan dengan alam semesta dan juga Sang Pencipta. Kain tapis disulam dengan menggunakan peralatan tradisional. Dahulu, kain tapis disulam oleh gadis gadis lampung dirumah nya masing masing. Umum nya bermotif zig-zag, priamida, folra dan fauna. Dengan warna gelap alami

Sutra bugis

kain tenun sengkang

 

kain sutra bugis merupakan jenis kain tradisional dari daerah Sulawesi selatan terbuat dari benang yang dihasilkan oleh ulat sutra atau biasa disebut ulat kokon oleh masyarakat setempat. Kain sutra bugis memiliki motif kotak kotak dengan ukuran yang berberda beda. Beda ukuran kotak mengandung makna yang berbeda. Dahulu ini dijadikan petunjuk apakah seorang bugis sudah menikah ataupun belum.

Baca Juga : Mengenal Bordir dan macam-macam jenisnya

Tenun Dayak

kain tenun

 

Jenis kain tradisional yang satu ini berasal dari suku Dayak. Dahulu para wanita Dayak sering mengisi waktu mereka dengan menenun. Alat yang digunakan untuk membuat tenun Dayak adalah gedok. Proses pembuatan nya bisa memakan waktu bulanan pewarnaan nya pun menggunakan bahan pewarna alami. Motif nya adalah folora dan fauna dari alam sekitar mereka.

Tinggalkan Balasan