Home Konveksi Kain Asahi
Kain Asahi

Kain Asahi

Jenis kain asahi adalah kain yang tipis dan tembus pandang. Kain ini merupakan jenis kain yang pembuatannya dengan cara tenun mesin, sementara teknik yang digunakan adalah teknik silang polos. Kain ini umumnya tidak memiliki motif timbul apapun di permukaannya. Sifatnya yang agak licin membuat kain ini umumnya hanya digunakan sebagai dalaman jaket dan lain sebagainya.

Baca Juga : Jenis Kain American Drill

Ciri-Ciri

Untuk menebak apakah sebuah kain merupakan asahi atau bukan sangatlah mudah sekali. Ciri utama kain ini adalah tipis dan hampir tembus pandang. Polos tak berpola, agak licin namun kasar serta memiliki serat yang tembus air. Kain ini ada beberapa jenis, misalnya saja asahi Jepang yang berasal dari luar negeri. Kualitas kainnya lebih baik dan lebih tebal dibandingkan dengan asahi lokal.

Selanjutnya, apabila dikenakan, kain inii lebih terasa kering dan panas. Hal itu dikarenakan kandugan polyesternya yang sangat banyak. Umumnya harga kain ini murah sekali dan dapat ditemukan di semua toko yang menjual kain. Bila dibandingkan dengan kain serupa seperti errow, kain ini jauh lebih murah.

Seringkali orang salah menyebut asahi dengan kain errow dan menyebut kain errow dengan asahi. Padahal keduanya sudah jelas sangat berbeda dan tidak dapat disamakan. Secara tekstur, kain errow lebih berteksur dibandingkan dengan asahi. Untuk ukuran tebal dan tipisnya, kain ini jauh lebih tipis dibandingkan dengan errow itu sendiri.

Kegunaan Kain Asahi

Secara umum di pasaran, Anda akan menjumpai kain asahi dengan beberapa merek berikut ini yakni SPTI, APL, PMTI dan juga bunga lili. Namun di luar dari itu semua, Anda akan menjumpai kain ini dengan merek yang lain pula. Secara umum kain ini sama saja meski dari berbagai macam merek apapun. Kegunaan asahi adalah sebagai berikut ini.

Untuk jilbab

Kain ini bisa dijadikan sebagai jilbab, sebab teksturnya yang tipis. Kepala membutuhkan penutup yang tidak terlalu tebal agar nyaman digunakan. Namun bila digunakan sebagai jilbab, kain ini tidak terlalu banyak disukai sebab terlalu kaku.

Kain asahi untuk slayer

Slayer umumnya menggunakan kain ini, sebab murah dan ringan. Kegiatan seperti pramuka dan kegiatan outdoor lainnya banyak menggunakan asahi yang kemudian dibubuhi sablon sendiri.

Sebagai bagian dalam jaket atau pakaian

Jaket maupun jas memerlukan dalaman atau furing yang terbuat dari bahan lain. Umumnya menggunakan bahan jenis parasut, namun kain ini juga dapat dijadikan sebagai bagian dalam pakaian tersebut. Harga asahi sendiri lebih terjangkau.

Sebagai tas dan pernak-pernik

Tas dan tempat pensil sangat umum menggunakan bahan asahi. Namun jangan dibayangkan bahwa tas yang dibuat adalah jenis tas yang tebal dan mampu menahan banyak beban. Tas yang dibuat dari kain ini adalah tas sederhana seperti totebag dan tas serut.

Baca Juga : Jenis Kain Kaos

Harga

Jogja adalah kota yang banyak sekali menjual kain dan barang jadi yang terbuat dari kain. Kain asahi jogja biasanya memiliki harga yang lebih murah dan terjangkau bila dibandingkan dengan kota lainnya. Harga kain ini per meter berkisar antara Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 15.000 bergantung di mana tempat Anda membeli. Itulah tadi pengertian kain asahi dan beberap kegunaan yang dapat dibuat dengan kain tersebut. Setelah ini Anda tidak perlu ragu lagi untuk membelinya.

Tinggalkan Balasan