Home Kain Kain Brokat Untuk Bahan Kebaya
Kain Brokat Untuk Bahan Kebaya

Kain Brokat Untuk Bahan Kebaya

Kain Brokat Untuk Bahan Kebaya

Kain brokat merupakan jenis kain yang banyak digunakan untuk kebaya maupun gaun. Brokat atau brocade berasal dari kata brocolli, dari bahasa Italia broccato yang artinya adalah kain yang disulam. Ada juga yang mengatakan bahwa brokat berasal dari bahasa latin broccare yang artinya menusuk atau kain yang ditusuk, yang maksudnya adalah kain yang bisa digunakan untuk needle work. Kain Brokat Untuk Bahan Kebaya Kain brokat biasanya menampilkan pola yang rumit berupa gambar bunga-bunga, tanaman dan unsur-unsur alam lainnya.

Kain brokat menjadi pilihan untuk busana yang bersifat formal dan khususnya di Indonesia digunakan untuk bahan kebaya. Juga banyak digunakan untuk busana pengantin baik busana pengantin kebaya maupun gaun yang bergaya victoria. Dengan dipadu dengan kilauan kristal dan payet, penggunaan kain brokat ini menimbulkan kesan yang mewah dan elegan. Perkembangan busana dengan bahan kain brokatpun sangat pesat, karena beragam ide dan kreatifitas lahir dari desainer dalam mengaplikasikan brokat.

Baca Juga : Kain rasfur yang berbulu dengan tampilan cantik

Dalam dunia fashion, kain brokat menjadi favorit para desainer. Penggunaan kain brokat pun hampir tak terbatas. Tak hanya cantik untuk pakaian malam yang mewah atau gaun pengantin saja, tetapi juga digunakan sebagai pakaian-pakaian semi formal.

Kain brokat merupakan jenis kain yang menghadirkan pesona tersendiri yaitu kesan tampak mewah dan elegan langsung terpancar pada si pemakai. Biasanya, brokat digunakan sebagai bahan dasar baju pengantin. Kombinasi kain brokat dan jenis kain lainnya seperti sifon, batik, silk, katun, ternyata menjadikan bentuk mode yang menarik dan menjadi pilihan. Seiring berkembangnya dunia fashion, kini brokat dapat kita temukan pada pakaian berupa atasan, bawahan, sepatu, dan aksesoris cantik lainnya.

Jenis Kain Brokat

Terdapat jenis-jenis kain brokat yaitu, Brokat Varanasi adalah brokat yang dikenal dengan sebutan kinkhab atau kamkhwab dari India, brokat ini merupakan tenunan sutra berwarna dan benang emas yang menampilkan desain-desain flora yang sangat atraktif, kehalusan tekstur, warna yang hidup, dan tembus pandang. Brokat Awan Nanking berasal dari China, desainnya yang anggun dan halus dengan warna-warna yang indah, bentuknya mirip awan, memiliki tekstur longgar pada serat kainnya, dan terkesan menerawang jika tidak memiliki bahan dalaman.

Brokat Syria, berbahan sutra berkualitas dibuat dengan tangan dan telah tersohor selama berabad-abad. Brokat Perancis, sudah diaplikasikan dengan kain sutra pada tahun 1760-1770 dengan tekstur lebih rapat dan tidak perlu menggunakan bahan pelapis tambahan, coraknya pun masih menggunakan floral print dan motif bunga yang sangat trendi pada masa itu. Ada pula kain brokat jenis Brokat Semi Perancis, Brokat Jepang, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan