Home Kain Kain Tricot Bahan Pelapis Busana
kain tricot

Kain Tricot Bahan Pelapis Busana

Kain Tricot

Kain Tricot Bahan Pelapis Busana – Pemilihan bahan pelapis sangat tergantung pada pemilihan bahan utama. Pemilihan bahan pelapis untuk kesempatan acara pesta harus disesuaikan dengan bahan utama yang berkesan mewah. Biasanya lembut, tipis, dan berkilau. Untuk itu diperlukan bahan pelapis yang bisa menopang bahan tersebut. Pemilihan bahan pelapis yang tepat untuk busana pesta adalah yang bersifat lembut dan halus seperti satin, tricot, dan silky.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai bahan pelapis busana yakni  tricot. Tricot merupakan salah satu bahan lining atau pelapis busana, seperti bahan furing, staplek, vislin,  dan lain sebagainya. Perbedaannya terdapat pada penggunaan, jenis, dan cara pemasangannya. Tricot digunakan sebagai lapisan pengeras dan untuk penstabil kain. Tricot sering digunakan jika kain terlalu lemas.

Bahan tricot yang seringkali digunakan dan dijual adalah kain tricot berwarna hitam dan putih, namun ada warna lain juga walalupun jarang dijual. Bahan yang digunakan untuk tricot biasanya terbuat dari serat sintetis, misalnya nylon dan polyester.

Baca Juga : Mengenal Kain Chambray

Tricot biasanya digunakan pada busana model blazer, coat, jas atau model atasan. Selain itu juga bisa digunakan untuk pelapis pakaian olahraga, tas, topi, mainan,  sepatu, dan lain sebagainya. Busana akan terlihat lebih rapi dan tidak mudah kusut. Tricot mampu mempertahankan bentuk sebuah pakaian. Bahan tricot ini termasuk nyaman digunakan karena mempunyai permukaan yang lembut. Bahan tricot cukup kuat, sehingga tidak mudah rusak meskipun sudah sering digunakan dan dicuci beberapa kali.

Cara pemasangan kain tricot yaitu dengan cara disetrika pada kain yang akan dijahit. Gunakan setrika yang panas (namun jangan sampai merusak kain) dan berat agar tricot menempel sempurna. Perlu diperhatikan pada saat pengaplikasiannya ke busana jahitan, jangan sampai terbalik. Sisi luar merupakan yang halus permukaannya, sedangkan yang kasar permukaannya ada di bagian sisi dalam. Biasanya busana yang sudah dilapisi tricot masih juga dilapisi furing, tujuannya adalah untuk lebih nyaman, lebih rapi dan tricot lebih awet. Meskipun tanpa dilapisi furing, bahan tricot nyaman jika tersentuh langsung dengan kulit.

Tinggalkan Balasan